Rabu, 11 Mei 2011

LOMAR BANTEN VS BATIK JAWA

Sebenarnya dah lama banget ingin angkat tema ini,tapi sengaja nunggu waktu yang pas,.pas ngerjainnya,pas blognya,pas subdomainnya pokoknya pas dech,.dapet komentar yang pas jg diterima.Siapa tau dari komentar yang sederhana membuat ane dapet motifasi

Maaf ya,.dalam penulisan posting  ini,ane menggunakan metode penulisan
kurang resmi,.setidaknya maksud dan tujuan ane dipahami dan berkesan,.dalam penulisan posting ini,di akhir penulisan ane minta sedikit saran dari kalian semua,.saran itu nanti agan-agan rangkum,nah rangkumannya itu yang akan menjawab judul posting ane,Siapakah yang menang,.apakah lomar baduy atau tetap batik solo.. Ane sih yakin banget,jawaban yang paling benar adalah WAKTU bukan dari agan-agan ,.maksud ane,waktulah yang menjawab kebenaran pertanyaan ane untuk 10 sampai 20 tahun yang akan datang. Tapi kan setidaknya agan-agan sudah memprediksi dari sekarang. Langsung aja ke pembahasan postingan ini.ok. .
 batik pekalongan
batik lomar banten

Pada Dasarnya apa sih yang menjadi perbedaan antara kain tenun batik dengan Lomar? Apakah dari Bahan? Sehingga batik menjadi begitu terkenal? Kalo hanya sekedar bahan,ane yakin lomar pun bisa dibuat dari kain sutera,masalahnya apakah sutera lomar langsung dikenal masyarakat luas? Ane kira TIDAK, Apa karena waktu pembuatan lebih lama batik dari pada lomar? Ane kira jawabannya juga tidak, Coba j agan Tanya ke si pembuatnya ,  Kalo yang buat batik nenek-nenek dan yang buat lomar nenek-nenek juga,.kira2 siapa yang tercepat. Kalo yang buat batik para gadis dan yang buat lomar para gadis juga kira-kira siapa yang tercepat., kira-kira juga,kalo seandainya lomar menang dalam pembuatannya,.apakah langsung terkenal seprti Batik kalo menurut rentan waktu perkenalan,.sebenarnya duluan siapa sih yang terkenal antara batik dengan Lomar,.?? .Apa emang batik sudah dipakai oleh raja-raja jawa dari dahulu jamannya majapahit Berjaya? Kalo udah berbicara tentang sejarah,.jujur ane angkat tangan,.ane g tau apa2,ane Cuma tau dari yang ane lihat aja.Maksud ane,bukannya kerajaan-kerajaan dulu memakai pakaian model yang setengah2, ya seperti yang di film film kerajaan majapahit,CMIIW Nah sedangkan lomar bukannya sudah dipakai sejak zaman nenek moyang baduy y,.CMIIW Menurut yang ane tau, benerin y kalo salah,.. Dahulu kala baduy menguasai banten dan sekitarnya,akan tetapi sejak adany penyebaran agama islam ke banten,.maka orang baduy mengungsi ke pegunungan karena kalah berperang,.yang lagi ane bahas,bener g sih sebelum adanya orang asing di banten (Baduy masih menjadi pribumi banten) lomar sudah menjadi dan memang pakaian baduy? Jawaban dari judul posting ane lum terjawab juga nie,. Karena dari bahan dan umur lama adanya juga bisa dikatakan sama-sama memiliki nilai sejarah yang tinggi.Bahkan yang lebih membingungkan lagi batik menjadi pakaian resmi dalam acara formal,. bener ga ya,.Petinggi-petinggi Banten lebih menyukai pakaian Batik dalam acara resmi/Formal ketimbang menggunakan Lomar??? Semoga saja tidak,karena kota yang baik diawali dari pemerintahan yang baik,. Pernah kah mencoba,ketika dalam acara resmi bukan batik lagi yang dipakai,.melainkan Lomar ,.baik yang berbahan sutera maupun biasa.Setidaknya ketika memakai berarti sedangkan mempromosikan dan memperlihatkan ke orang luas,.bahwa inilah Lomar,.motif asli rajutan banten punya Semoga dalam era perjalanan waktu,Lomar bisa menjadi seperti Batik tenun 

 "lomar, . Apa Yang ada Di Sana di Banten ada Apa yang tidak ada di Sana ,di Banten ada"

0 komentar:

Posting Komentar